Saya mendapatkan email ada 2 pertanyaan yg tidak dibayarkan oleh alodokter.Setelah saya konfirmasi, pertanyaan tsb dr user yg chatnya tertutup otomatis (...
Refund dan review negatif dari user chat Alodokter - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Refund dan review negatif dari user chat Alodokter
Saya mendapatkan email ada 2 pertanyaan yg tidak dibayarkan oleh alodokter.
Setelah saya konfirmasi, pertanyaan tsb dr user yg chatnya tertutup otomatis ( btw, saya tidak menerima notifikasi chat masuk. Yg ada hanya notif chat sdh di tutup otomatis)
Dari dua user ini, ada satu user yg sdh kasih THUMBDOWN dan MEMINTA REFUND which is refundnya di acc oleh alodokter.
Saya tanya ke tim alodokter "knp refund nya di acc, sdgkan notif chat tidak masuk dan chat tertutup otomatis, saya sdh dikasih thumbdown" jawabannya sungguh bikin ngelus dada. Tidak ada solusi sama sekali. Mengambang. Untung gak disuruh ngisi Gform lagi ( unfaedah, sdh dua kali isi, sdh menunggu 31 hari, smpe skr tidak ada solusi)
Perlakuan thd mitra sangat membuat saya cukup kecewa.
Saya berharap TIM ALODOKTER bisa memperbaiki ini, dan bisa jadi lebih baik kedepannya.. mitra dan user diberikan perlakuan yang sama.
Terimakasih semoga berkah untuk kita semua.
Biar ga makin bobol hehe
Laaah? 😅😅😅
Selain itu, mungkin sedikit masukan terkait review user terutama yg menggunakan kata2 yg tidak etis, menjatuhkan, dll seharusnya bisa di-hide dan cukup jadi bahan instrospeksi pribadi si dokter saja. Tidak perlu ditampilkan di halaman awal profil dokter di aplikasi alodokter karena bisa menjatuhkan harga diri dokter di mata user lain. Sejawat saya ada yg dikatakan kont*l oleh user.
Kalau menurut saya di halaman profil dokter cukup di tampilkan “99% pasien merasa puas dengan layanan dokter”.
Semoga bisa ditanggapi dan diberikan penyelesaian yg baik dok.
Apa mitra ga ada hak utk diproteksi nama baiknya?
Mari kita sama2 menunggu komentar dan kebijakan dari tim alodokter terkait ini dok..
Usernya sangat keterlaluan bikin komentar seperti ini, lebih keterlaluan lg kalau alodokter membiarkan review ini masih ada. 😢
"Setelah evaluasi yang dilakukan oleh tim kami terkait permintaan takedown review tersebut tidak dapat kami takedown dengan pertimbangan dalam chat ini tertutup otomatis oleh sistem dikarenakan tidak ada tanggapan dari dokter, dimana kami himbau untuk dokter refresh aplikasi secara berkala untuk mendapatkan notifikasi pesan baru dari user."Respons saya, himbauan untuk Refresh berkala indikasi sistem tidak berjalan dengan seharusnya. Seharusnya ini menjadi concern karena ujung tombak justru di sini.
Saya kira dokter tidak alergi dengan feedback negative bila memang kesalahan dilakukannya langsung. Feedback negative tetap diluluskan saat chat tertutup otomatis oleh sistem saat notifikasi tidak muncul dan berlindung pada sudah diberi himbauan untuk refresh app berkala, saya rasa itu tidak bijaksana untuk dilakukan oleh provider.
yg sy ingat pernah disampaikan team tersebut bahwa sekarang sdh tidak boleh take down ulasan pasien karena dilarang oleh appstore/playstore dg ancaman di banned.
kdg gemes juga ya dg ulasan2 ini krn dokter pun tidak bisa memberi respon balik utk ulasan ini utk sekedar say sorry, atau menjelaskan apa penyebabnya.
Shg mw gmn pun kita minta peninjauan permasalahan, tetap saja tidak ada win-win solution utk mitra.
Mitra tidak diberikan perlindungan dan dianggap hanya rekan kerja saja ya. Atw mgkn "pekerja" Dan ini puncaknya dok.. saya merasa kecewa dgn tanggapan dari tim alodokter.. akhirnya saya angkat di forum diskusi ini.. Saya sangat berharap ini bisa diperbaiki..
Kepada tim alodokter saya jg sudah menanyakan bagaimana win-win solutionnya.
Dibalas dengan chat bgini " win-win solution bagaimana ya dok"
Kalau saya ada problem yg mendesak saya langsung kirim email ke dokter Alni. Lebih cepat penyelesaiannya.
Namun, semoga itu tdk menjadi penghalang bagi team ALODOKTER untuk benar2 serius menindaklanjuti ini. Mohon untuk tdk template dalam memberikan penjelasan, karena beberapa case ada yang tdk selalu spesifik sama. Saya agak risih juga setiap yang komplain diberikan responnya template semua sehingga seolah tidak dihiraukan case per casenya dan krg dipandang sebagai mitra yang berhak mendapatkan pelayanan yg setara dr team. Mitra adl ujung tombak dr platform ini. Semoga kesejahteraan kami bisa juga dioptimalkan, supaya bs berikan layanan yg lbh baik kepada user. Hanya karena user bayar, tidak berarti mereka selalu benar. Akan lebih baik jika review2 negatif disaring dulu benar2 sebelum ditampilkan, supaya tdk repot lapor2 takedown tp minim eksekusi. Terima kasih 🙏🏻:)
Mantap!!
Review negatif saya dapatkan disaat sdg offline ( aplikasi alodokter eror disaat ini saya sdg offline, tp di aplikasi user saya online) ada bukti2nya dan sudah saya krm ke tim alodokter sbagai bahan pertimbangan.
Hasil telaah nya ini?
Wow!!
Wassalam
Perihal obat jg saya sdh sering minta distock segera utk obat yg kosong, krn terkadang user yg konsul jg ada yg obatnya habis disaat mereka sdg on vacation atw sdg on duty luar kota.
Mereka berharap kita bs memberikan solusi, tnyata obat stoknya kosong, sampai skr pun masih kosong bbrp obat yg 2 bulan yg lalu saya anjurkan utk distok. Gpp dok.. skr gak usah full of service bgt. Dan gak usah effort bgt ya dok.. 🤣🤣🤣 Seadaanya aja.
Beberapa kali pasien salah pilih dokter spesialis
Dibilang ga bs refund
Tidak usah diambil pusing dok. Sekarang saya bila ada kendala chat masuk tanpa notifikasi saya kirim tangkapan layar ke CS. Supaya saya ada record kejadian real-time. Bila ada evaluasi saya tinggal tunjukkan buktinya.
Notifikasi chat baru masuk belakangan tp chat user udh saya balas aja sering kejadian dok.. mantap kaan..
Iya dok, skr ss aja kalau ada kejadian, lgsg kmrn ke adminnya. Wlpn buktinya ntah dievaluasi dg benar ntah gak. Ora urus lagi lah dok.. 🤣🤣🤣
Alo, dr. Erika Putri Rozita, Sp. P
Terima kasih atas diskusinya.
Terkait syarat dan ketentuan refund, jika tidak terjadi proses konsultasi memang kami melakukan refund kepada user.
Terkait masalah notifikasi yang tidak muncul, mohon dapat berkoordinasi dengan tim operasional untuk dipandu mengenai settingan gawai. Jika perangkat/gawai yang dokter gunakan sudah diset sesuai dengan panduan tim, mohon dapat dicek kembali kondisi sinyal. Jika dari setting dan sinyal sudah diperiksa, masih ada kendala notifikasi silakan berkoordinasi kembali dengan tim operasional, untuk telusur lebih lanjut. Saat ini di sistem Kami tidak ada kendala teknis mengenai notifikasi.
Terkait peninjauan ulasan negatif dari user, memang benar ada form yang perlu diisi untuk menjadi data dan pertimbangan dari tim Alodokter. Jika review tersebut karena kesalahan teknis, kami sepakat bahwa hal tersebut bukan kesalahan dokter.
Namun perlu disampaikan juga bahwa tidak semua review negatif akan pasti diturunkan (dihapus). Akan dilakukan peninjauan sistematis oleh Tim Alodokter. Ulasan negatif dapat diturunkan jika terbukti bukan karena kelalaian dokter.
Pengisian G-form memang menjadi prosedur sebagai data untuk peninjauan lebih lanjut, Untuk proses peninjauan ini diperlukan waktu maksimal 3 hari kerja, harap mengikuti proses yang berlangsung. Jika sudah melebihi waktu tersebut silakan menghubungi tim operasional untuk follow-up dan konfirmasi.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Perihal settingan Hp sdh sesuai panduan dari tim alodokter ya dok.. perihal refund di acc dan user memberikan review negatif perihal saya ini minta tlg ditinjau ulang ya dok, spy tidak terjadi lg hal seperti ini. Ini seperti sdh jatuh ketimpa tangga. Aneh ya.. mestinya kebijakan dari ALODOKTER diperbaiki, misalnya jika user memberikan review negatif terkait dokter tidak merespon sampai chat tertutup otomatis, maka user tidak bisa mengajukan refund. Perihal Gform yg saya blg unfaedah sblmnya.
Tgl 31 DESEMBER 2023 disaat saya sedang tidak online, tp diaplikasi user saya terlihat online. Shh disaat itu masuk 2 chat. Yg tentu saja tidak saya respon krn saya sdg offline. ( Disini jelas ya dokter bukan sbagai pihak yg bermasalah)
Dikarena ini saya mendapatkan review negatif. Hal tsb sdh saya sampaikan ke tim alodokter, saya disuruh isi Gform, tiap minggu saya tanyakan apa penyelesaiannya. Jawabannya "sdg diekskalasikan ke tim terkait" dan skr sdh tgl 1 Februari 2024, saya masih belum dapat ending penyelesaiannya, review jg masih ada sampai skr.
Saat ini saya sudah di fase "ya sudah lah, pasrah saja terima saja" Terimakasih dr. Alni, smg bisa diperbaiki kedepannya.
Malam dr Erika
Ternyata kasus saya sama dengan dr Erika
Sering disampaikan kalau pada aplikasi baru terlihat online ketika kita buka aplikasi dan lakukan drag atau pilih menu lain agar terbaca aktivitas.
20 januari saya seharusnya online shift 4-6 AM, karena ada tindakan emergency, saya tidak buka aplikasi agar tidak terbaca online, saya baru buka aplikasi pk 5 , tiba-tiba sudah ada 2 chat yang selesai tanpa ada notifikasi yang masuk, dan berujung feedback negatif pasien di ulasan.
Bagaimana sebenarnya aturannya, apakah jika memang kita booking shift itu sudah pasti terbaca online tanpa perlu ada aktifitas di aplikasi alomedika?
Bukankah memang ada ada penilaian jika tidak online tidak tepat waktu yang berefek pada waktu dan jumlah shift yang bisa di booking, artinya tidak otomatis online kan?
Email saya d balas 12 hari kemudian, dan disimpulkan kesalahan pada gawai
Ternyata dr Erika lebih lama lagi ya 31 hari
Tp skr saya sdh tobat bertanya, kritik dan memberikan masukan dok.. cuma dianggap angin lalu saja. Dari email tanggapan yg saya terima itu sudah cukup menjelaskan dimata manajemen alodokter, mitra itu hanya sekedar pekerja saja.