Alo Dokter, terutama yang bekerja sebagai interactive medical advisor ataupun dokter pribadi. Izin menyampaikan uneg-uneg terkait dengan akun saya yang...
Diskusi mengenai dokter pribadi - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Diskusi mengenai dokter pribadi
Alo Dokter, terutama yang bekerja sebagai interactive medical advisor ataupun dokter pribadi. Izin menyampaikan uneg-uneg terkait dengan akun saya yang tiba-tiba dideaktivasi kemarin (5/6/23). Dan setelah dideaktivasi akun saya yang utama tiba-tiba menjadi akun yang masih direview dan tidak bisa digunakan untuk membuka diskusi (foto terlampir). Lalu saya membuat akun baru dengan nama dan nomor STR yang sama dan (ajaibnya) akun langsung terverifikasi dan bisa membuka diskusi ini (mungkin ini salah satu kelemahan sistem Alomedika, di mana saya sering melihat akun pasien membuka diskusi di Alomedika). Saya tidak menyamarkan nama saya karena saya murni ingin berdiskusi secara terbuka dengan pihak Alodokter dan ingin membagikan cerita saya kepada rekan TS yang lain. Kalau tulisan saya ini dihapus, berarti Alodokter menolak niat tulus saya untuk berdiskusi secara sehat, dan mungkin saya akan buka tulisan saya di media yang lain.
Jadi awalnya saya sudah tergabung sebagai interactive medical advisor selama 3 tahun dan sekitar bulan April ada tawaran untuk menjadi dokter pribadi dengan fee yang menarik. Akhirnya saya ikut onboard dan mulai tergabung menjadi dokter pribadi. Selama ikut dokter pribadi saya mungkin agak kaget dengan sistem rebutan jadwal dan tuntutan kerjanya. Mungkin akan saya jabarkan dalam poin-poin di bawah beberapa hal yang menjadi uneg-uneg saya :
1. Untuk sistem rebutan jadwal tsb agaknya menyebabkan kurang meratanya jadwal dokter (utamanya yang telat mengambil jadwal). Jadi ada dokter yang mendapat shift malam hingga berkali-kali dan ada juga yang sama sekali tidak mendapatkan shift malam
2. Tuntutan response time yang terlalu sulit dicapai, terutama jika pertanyaan yang masuk terlalu banyak dalam satu waktu. Jadi dalam 1 kesempatan saya pernah mendapatkan hampir 10 pertanyaan dengan rentang waktu 5-10 menit. Di mana saya dituntut untuk menjawab dan memberikan respon paling lama 2 menit. Hal ini agaknya hal yang mustahil jika pertanyaan terlalu banyak masuk di satu waktu. Dan saya rasa tentunya kualitas jawabannya akan sangat buruk jika benar-benar dijawab dalam waktu yang sangat singkat. Saya rasa mungkin beberapa dokter ada yang mengalami hal serupa, namun saya tidak tahu apakah mendapatkan peringatan yang sama seperti saya atau tidak. Dan masukan untuk Alodokter, mungkin harus membuat sistem pertanyaan dibatasi hanya 3-5 saja, jika lebih dari itu pertanyaan otomatis tidak dapat masuk ke dokter.
3. Seminggu setelah saya tergabung, saya langsung mendapatkan surat peringatan, setelah itu seminggu kemudian muncul surat peringatan lagi. Saya merasa hal ini tidak adil, dokter yang baru saja bertugas tidak dibimbing, tapi langsung diberikan peringatan. Dalam benak kecil saya bertanya-tanya apakah ini merupakan salah satu cara Alodokter mengusir saya secara halus dari platform ini.
Lanjutannya akan saya tambahkan di kolom komentar karena jumlah karakter dibatasi.
5. Tugas QC apakah hanya untuk mencari-cari kesalahan rekan TSnya saja? Karena saya merasakan seperti itu
6. Saya disuruh mengembalikan surat sakit yang jumlahnya hanya tinggal 6 lembar dan dikirimkan ke kantor. Kebetulan saya tidak tinggal sekitar Jabodetabek, dan tentunya hal ini cukup mengesalkan dan hal yang tidak berguna bagi saya. Saya punya gagasan yang lebih menarik, bagaimana kalau surat keterangan sakit tsb saya musnahkan saja lalu saya kirimkan bukti videonya ke tim Alodokter? Tentunya saya tidak perlu repot-repot mengirim balik dan saya tidak akan bisa menyalahgunakan surat sakit tsb, misalnya saya jual/pakai sendiri.Mungkin begitu saja isi uneg-uneg saya saat ini. Mungkin tulisan ini akan tenggelam atau akan dihapus. Namun bagi rekan TS yang sudah tergabung di interactive medical advisor dan ada ajakan untuk menjadi dokter pribadi, saya sarankan untuk dipikirkan secara matang dan coba perjanjian kerjasamanya dibaca lebih teliti lagi. Dan untuk Alodokter semoga tetap menjadi platform yang lebih bijak dalam menjaga hubungan baik dengan dokter dan tidak menganggap dokter bagaikan benda yang bisa dibuang dan diganti sesukanya. Mohon maaf sebelumnya apabila ada hal yang menyinggung dari tulisan saya di atas. Dan saya menyambut dengan baik jika ada respon/jawaban dari Alodokter atau rekan TS yang mengalami hal serupa.
Ada beberapa poin yang bisa saya terima. Tapi ada juga yang masih belum jelas.1. Ada 2 dokter yang mengambil jadwal di hari Rabu pukul 18.00-20.00, sedangkan pemilihan jadwal Minggu berikutnya adalah pukul 19.00. Dengan jawaban tsb artinya Anda mengizinkan untuk dokter meninggalkan shiftnya dan fokus mengisi jadwal tsb dulu? Kalau ada banyak pertanyaan yang masuk, dan ada keterlambatan response time, artinya tidak masalah dong, karena dokternya memilih untuk fokus memilih jadwal tsb dulu dan mengorbankan waktu respon terhadap pasien.2. Mengapa tidak ada pemberitahuan akan dideaktivasi sebelumnya? Kenapa harus mendadak. Padahal di perjanjian kerjasama sudah tertulis jelas pemberhentian harus ada pemberitahuan 30 hari sebelumnya. Itu kan hanya follow up saja, bukan pemberitahuan akan diberhentikan 3. Lalu untuk potensi hal yang berbahaya bagi pasien itu maksudnya bagaimana? Apakah pengobatan yang saya berikan bisa membunuh pasien atau bagaimana? (pdf hasil follow up saya sudah ditakedown sebelumnya karena alasan kerahasiaan). Pada pdf tersebut tertera saya meresepkan rodemol, methylprednisolone, dan herbakof untuk pasien faringitis akut. Nah sekarang saya bertanya balik, apakah itu yang dinamakan berbahaya bagi pasien? Karena hemat saya, pemberian kortikosteroid dosis rendah dalam waktu singkat tidak berbahaya bagi pasien4. Lalu terkait SOP pengembalian surat sakit, bisa tolong dikirimkan SOPnya via email ke saya sebagai bukti agar bisa saya kirim balik surat sakitnya ke kantor Alodokter? Saya harus kirim pakai jasa apa? Maksimal biaya pengiriman berapa? Cara klaimnya seperti apa?5. Ada beberapa jawaban dokter fulltimer (yang saya lihat dari pertanyaan lanjutan), harusnya mendapatkan QC karena tidak begitu lengkap dan jelas, harusnya tim QC bertindak adil, bukan hanya ke dokter baru, tapi dokter lama juga seharusnya mendapatkan QC tsb.
Salah satu bunyi sumpah dokter sebagai berikut: "Saya akan memperlakukan Teman Sejawat saya sebagai saudara kandung." Apakah kita sudah memperlakukan sejawat kita seperti ini? Tolonglah belajar untuk memanusiakan manusia. Apalagi sama-sama sudah berada di bawah janji/ sumpah dokter. Anda sekalian memang berada di bawah perusahaan, dan mungkin saja perusahaan sudah ada niat untuk merampingkan jumlah dokter, tapi "mbok ya" lebih bijak dan lebih manusiawi. Dengan perlakuan seperti ini rasanya dokter tidak ada harganya dan rasa-rasanya hanya seperti buruh saja.
Alo dr. Hendriawan Putra
Terima kasih sebelumnya sudah berpartisipasi sebagai Dokter Pribadi Alodokter. Berikut tanggapan kami mengenai komplain yang Dokter sampaikan.
1. Perihal shift sudah diinformasikan pada onboarding kapan dan pukul berapa jadwal akan dibuka sehingga Dokter dapat mengalokasikan waktu untuk mengisi jadwal. Adapun jika ada dokter yang mengisi pada shift tertentu secara terus menerus, hal tersebut adalah konsekuensi yang tidak terhindarkan.
2. Waktu response time yang ditetapkan sudah dipertimbangkan oleh manajemen untuk menjaga kepuasan user Alodokter melihat tren user setiap tahunnya semakin cepat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dokter. Sebagai user tentu kurang menyenangkan apabila mendapatkan respon yang lama dari dokter. Berdasarkan rata-rata response time medical advisor di Alodokter, durasi tersebut masih memungkinkan untuk dicapai.
3. Setiap medical advisor pada Alodokter akan mendapatkan feedback dari tim Quality Control baik secara tertulis atau daring. Feedback tersebut berfungsi sebagai bimbingan agar medical advisor memahami cara menjawab user. Feedback akan dieskalasi apabila belum ada perubahan yang positif dari dokter sebagai medical advisor, seperti yang sudah dijelaskan saat onboard. Untuk Dokter sendiri, feedback sudah diberikan pada tanggal 4 Mei 2023, 9 Mei 2023, 11 Mei 2023, 16 Mei 2023, 23 Mei 2023.
4. Pihak Alodokter dapat melakukan deaktivasi segera apabila medical advisor melakukan hal yang berpotensi berbahaya untuk user sesuai dengan yang tertera pada Perjanjian Kerjasama.
5. Tugas Quality Control adalah menjaga jalannya konsultasi sesuai dengan standard kualitas dan keamanan yang sudah ditentukan oleh Alodokter dan memberikan feedback sesuai dengan hal yang ditemukan pada konsultasi.
6. Sesuai dengan SOP perusahaan, kelebihan surat sakit perlu dikembalikan ke Alodokter. Pengembalian surat dapat dilakukan melalui kurir ataupun pos, biaya pengembalian akan diganti oleh Alodokter.
Demikian dapat disampaikan,
Terima Kasih