Alodokter. Sebagaimana sistem rating pada dokter, saya menyarankan adanya sistem rating pula pada pasien. Karena beberapa kali saya berhadapan dengan pasien...
Saran untuk dipertimbangkan terkait rating pada aplikasi - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Saran untuk dipertimbangkan terkait rating pada aplikasi
Alodokter. Sebagaimana sistem rating pada dokter, saya menyarankan adanya sistem rating pula pada pasien. Karena beberapa kali saya berhadapan dengan pasien yang etikanya minim. Ketika pasien dengan attitude buruk memberi kita rating buruk, hal itu menjadi satu arah dan kita tidak bisa memberikan feedback balik. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan kedepannya. Terima kasih.
User yang gk ada respon 1 jam tp riview nya dokter lama balas
Selamat malam dok,
Saya memahami keresahan yang dokter alami, mengingat bahwa user memiliki karakter yang sangat beragam. Sama halnya dengan pasien yang kita jumpai dalam praktik sehari-hari, saat bertatap muka pun pasien memiliki sikap dan karakter yang berbeda-beda. Untuk user/pasien seperti ini sangat diperlukan profesionalisme dalam menanggapi.
Terkait user dengan attitude yang buruk (seperti yang dokter sampaikan), tersedia tombol SPAM di pojok kanan atas aplikasi, dengan logo segitiga.
Yang dapat dilakukan adalah:
- user yang dilaporkan sebagai kategori spam tidak bisa memberi ulasan
- setelah jangka waktu tertentu, user tidak dapat lagi memberikan ulasan
Sedangkan untuk balas membalas ulasan kepada user/pasien, menurut hemat Saya bukanlah suatu langkah bijak yang dapat dilakukan dalam praktik kedokteran baik offline maupun online.
usulan yg baik..
Selamat malam dok,
Saya memahami keresahan yang dokter alami, mengingat bahwa user memiliki karakter yang sangat beragam. Sama halnya dengan pasien yang kita jumpai dalam praktik sehari-hari, saat bertatap muka pun pasien memiliki sikap dan karakter yang berbeda-beda. Untuk user/pasien seperti ini sangat diperlukan profesionalisme dalam menanggapi.
Terkait user dengan attitude yang buruk (seperti yang dokter sampaikan), tersedia tombol SPAM di pojok kanan atas aplikasi, dengan logo segitiga.
Yang dapat dilakukan adalah:
- user yang dilaporkan sebagai kategori spam tidak bisa memberi ulasan
- setelah jangka waktu tertentu, user tidak dapat lagi memberikan ulasan
Sedangkan untuk balas membalas ulasan kepada user/pasien, menurut hemat Saya bukanlah suatu langkah bijak yang dapat dilakukan dalam praktik kedokteran baik offline maupun online.
Berkaitan harapan user, mungkin salah satu pesan penting yg harus sampai ke user adalah bahwa konsultasi secara online bukanlah cara utk mendapatkan terapi definitif tapi lbh kepada pemahaman terhadap kondisi penyakit; kemungkinan terapi awal/darurat sebelum user bisa mendapatkan terapi definitif; sbg second opinion atau petunjuk bagi user sehingga dapat menempuh cara/jalan yg benar sehingga bs mendapatkan perawatan definitif yg optimal. Dan pastinya user jg hrs paham bahwa konsultasi online tdk bisa menentukan diagnosa pasti penyakit krn sperti yg kita ketahui bahwa utk penegakan diagnosa dibutuhkan pemeriksaan obyektif penunjang disamping pemeriksaan subyektif. Ditambah lagi keterbatasan aturan peresepan, dan resiko pemberian obat tanpa pemeriksaan klinis langsung serta tanpa diagnosa yg telah tegak menyebabkan mungkin hanya terapi simptomatis yg dapat diberikan.
Dan Berkaitan ketidakpuasan user pastinya dng semua keterbatasan konsultasi online tentunya tdk semua user dapat kita puaskan, namun pastinya dng segala usaha kita semua inshaAllah lbh byk yg sdh terbantu dibandingkan yg tdk terpuaskan. Dan bisa jadi ketidakpuasan user tsbt menjadi jalan kita membantu user utk bisa bergerak mendapatkan terapi definitif stlh sebelumnya ada keengganan mereka memeriksakan diri secara langsung atau menyadarkan mereka akan artinya nikmat sehat. Setelah semua pengorbanan & usaha optimaI yg diberikan TS skalian menurut sy 1 ketidakpuasan sepertinya tdk akan mengubah nilai 100 orang yg terbantu, dan InshaAllah tdk ada yg sia2 krn ketidakpuasan user adalah no 2 jika dibandingkan byknya serta luasnya masyarakat yg terbantu melalui konsultasi online..
mohon maaf jika ada pernyataan sy yg salah ๐๐