Response time yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna fitur chat bersama dokter di aplikasi Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

 Alo Dokter,Respon cepat jawaban akurat, begitulah tagline yang diusung fitur Chat Bersama Dokter. Di era teknologi saat ini, kecepatan menjadi hal yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Response time yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna fitur chat bersama dokter di aplikasi Alomedika

    Dibalas 04 Juni 2020, 19:29

     Alo Dokter,


    Respon cepat jawaban akurat, begitulah tagline yang diusung fitur Chat Bersama Dokter. Di era teknologi saat ini, kecepatan menjadi hal yang sangat dicari di hampir semua aspek kehidupan termasuk dalam bidang informasi kesehatan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Chat Bersama Dokter membuat pedoman terkait waktu merespon pertanyaan dari user yakni diharapkan dokter dapat merespon pertanyaan user di bawah 5 menit untuk respon awal dan di bawah 10 menit untuk respon lanjutan. Mengapa penting? Karena dengan waktu merespon yang cepat dapat meningkatkan efisiensi waktu konsultasi untuk dokter dan meningkatkan kepuasan pengguna fitur Chat Bersama Dokter. Tak jarang bila dokter merespon di luar batas waktu yang ditentukan dapat menghambat jalannnya konsultasi bahkan pengguna menjadi tidak merespon pertanyaan atau pernyataan dari dokter. 


    Bila dokter mengalami kendala notifikasi, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum dan saat menjalani shift:

    1. Me refresh aplikasi secara berkala saat dokter menjalani shift.

    2. Menonaktifkan mode “battery saver” yang ada di handphone terutama saat dokter mengambil shift.

    3. Menggunakan aplikasi cleaner untuk handphone.

    4. Bila masih terkendala, bisa langsung menghubungi tim operasional yang bertugas.




    Bagaimana menurut sejawat dokter sekalian?

03 Juni 2020, 21:43
dr. Testiana Galuh, Sp.M
dr. Testiana Galuh, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
alo dok. hal yang sama juga sering sekali terjadi pada saya terutama poin 1 dan 2. dimana saat chat dgn pasien lain, ada chat baru dari pasien yg berbeda tapi tdk muncul notifikasi chat baru. semoga segera ada solusi.
03 Juni 2020, 22:08
Alo dokter, apa yang dokter maksud respon lanjutan dari user? Bila info sudah lengkap dan 30 menit tidak ada respon boleh ditutup chatnya ya dok. Atau dokter juga dapat meminta izin karena waktu shift dokter telah berakhir lalu menutup chat demgan memastikan informasi yang ditanyakan user telah dokter berikan terlebih dahulu. Semoga dapat membantu ya dok.
03 Juni 2020, 22:13
Alo dr. Testiana Galuh,
Terima kasih atas tanggapannya dok. Kalau boleh tau yang dimaksud tidak muncul apakah notifikasi tanda merah yang terdapat di bagian kiri atas atau di pertanyaan yang baru masuk dok?
03 Juni 2020, 12:04
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Izin sharing pengalaman dok,

Saya sudah rutin melakukan langkah seperti yang disampaikan. Bahkan menutup aplikasi lain saat mengisi slot jadwal, melakukan refresh 15 menit sekali (paling lama 30 menit sekali), rutin menghapus memori hp sehingga tidak lemot, meng-unistall program yang tidak perlu, mempertahankan koneksi internet. Namun, sejauh ini tetap kadang-kadang menemui:
1. Notification sama sekali tidak muncul
2. Muncul notification, namun 10 menit kemudian dari kemunculan pertanyaan di aplikasi
3. Sudah 2x notif tidak muncul dan pertanyaan tidak muncul baru keluar diatas 30 menit di aplikasi hp saya.
4. Sedang menjawab bisa tiba-tiba tidak bisa masuk ke aplikasi atau ke chat yg dituju (terus ada lambang muter-muter)

Mudah2an kondisi seperti ini tidak terjadi di tempat lain dan semoga akan ada solusinya.🙏

03 Juni 2020, 12:44
Terima kasih atas tanggapannya dok. Akan kami sampaikan ke tim terkait mengenai hal ini. Bila memang terjadi hal ini saat shift boleh disampaikan ke tim operasional  ya dok agar segera ditindaklanjuti 😊🙏
03 Juni 2020, 15:32
setuju, dr. Rara^^
03 Juni 2020, 15:48
Setuju Dokter.

Namun sekedar mencari tahu,  saya sering kali mengalami masalah notifikasi tidak muncul terutama di waktu subuh, nanti pas jam 7 baru berhamburan masuk notifikasinya. Kenapa bisa begitu ya Dokter? padahal sudah atur settingan notifikasi agar selalu muncul.
03 Juni 2020, 21:03
Alo dr. Nurul, untuk pertanyaan langsung atau pick pertanyaan dok?
04 Juni 2020, 05:57
Untuk semua pertanyaan Dokter, jadi harus sering buka jawaban tiap user. 
03 Juni 2020, 21:16
Setuju dok,  di saya notifikasi jg jarang sekali muncul dan ini yg menyebabkan jd terlambat menjawab pertanyaan nya. Terimakasih 
03 Juni 2020, 21:40
Alo dok, apa sudah dilakukan tips diatas? Kalau boleh tahu bila notifikasi dokter jarang muncul bagaimana biasanya dokter mengetahui ada respon lanjutan atau pertanyaan langsung yang masuk?
04 Juni 2020, 05:53
Alo dok, izin dok saya mengalami semua ke 4 hal diatas dok..
Yang sering adalah poin nomor 1 dan 2
Sehingga kadang sudah saya refresh tidak masuk tiba tiba saat saya refresh terus muncul mendadak 3 pertanyaan  yg sudah lewat bbrp menit yang lalu.. pdhl untuk koneksi tidak ada masalah.
Terimakasih dok 🙏
04 Juni 2020, 19:29
Alo dr Yustiadenta, Sp. M, terima kasih atas sharingnya dok. Bila sudah melakukan tips di atas dan masih terkendala bisa dilaporkan ke tim operasional saat shift ya dok agar bisa diarahkan.
04 Juni 2020, 12:44
Alodokter.. kalo permasalahan saya kan karena sekaligus jawab 4 chat dari 4 user berbeda...jadi ya gitu agak terkendala ga bisa gercep2 amat.
Terima kasih
04 Juni 2020, 13:06
Betul dok.. kadang ini yg sy alami... saran saya mgkn ada notif di user juga kita sedang mengetik atau sedang menjawab pertanyaan dari user lain. Sehingga user bs mengerti bila membalas agai lbh lama
03 Juni 2020, 21:47
Dok, izin bertanya juga. Saya sekarang sering ambil shift jam 8-11 malam. Nah, misal ada pertanyaan pengguna masih masuk jam 12 malam, jam 1 hingga jam 3 pagi padahal sedang tidur.

Utk informasi lengkap sudah diberikan.

Itu bagaimana menanggapi nya ya?
03 Juni 2020, 22:09
03 Juni 2020, 22:08
Alo dokter, apa yang dokter maksud respon lanjutan dari user? Bila info sudah lengkap dan 30 menit tidak ada respon boleh ditutup chatnya ya dok. Atau dokter juga dapat meminta izin karena waktu shift dokter telah berakhir lalu menutup chat demgan memastikan informasi yang ditanyakan user telah dokter berikan terlebih dahulu. Semoga dapat membantu ya dok.
Respon untuk dr. Fauzan
04 Juni 2020, 07:39
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Alo dok pengalaman saya saya juga sama 1,2,3, 4 dan ini tentunya mengganggu chat nya juga
04 Juni 2020, 10:22
03 Juni 2020, 12:04
Izin sharing pengalaman dok,

Saya sudah rutin melakukan langkah seperti yang disampaikan. Bahkan menutup aplikasi lain saat mengisi slot jadwal, melakukan refresh 15 menit sekali (paling lama 30 menit sekali), rutin menghapus memori hp sehingga tidak lemot, meng-unistall program yang tidak perlu, mempertahankan koneksi internet. Namun, sejauh ini tetap kadang-kadang menemui:
1. Notification sama sekali tidak muncul
2. Muncul notification, namun 10 menit kemudian dari kemunculan pertanyaan di aplikasi
3. Sudah 2x notif tidak muncul dan pertanyaan tidak muncul baru keluar diatas 30 menit di aplikasi hp saya.
4. Sedang menjawab bisa tiba-tiba tidak bisa masuk ke aplikasi atau ke chat yg dituju (terus ada lambang muter-muter)

Mudah2an kondisi seperti ini tidak terjadi di tempat lain dan semoga akan ada solusinya.🙏

Alo Dr Soeklola Sp.KJ MSi

Terima aksih sharingnya,

Saya juga mengalami apa yg dialami Dokter. Yg no.4 sering kejadian saat ada bbrp user bertanya bersamaan.

Masalah lainnya yg kerap menyebabkan respon lambat adalah loading gambar yg dikirim pasien kadang lambat sekali untuk bisa dibuka.

Padahal saya sdh pakai HP khusus hanya untuk Email dan Aplikasi Alodokter ini.

Smg masalah yang dialami ini segera bisa teratasi/diselesaikan.
04 Juni 2020, 10:55
dr. Testiana Galuh, Sp.M
dr. Testiana Galuh, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
03 Juni 2020, 22:13
Alo dr. Testiana Galuh,
Terima kasih atas tanggapannya dok. Kalau boleh tau yang dimaksud tidak muncul apakah notifikasi tanda merah yang terdapat di bagian kiri atas atau di pertanyaan yang baru masuk dok?
benar dok, tanda merah di kolom Jawaban Saya yang sering bermasalah. bila sedang chat menjawab 1 pertanyaan kadang tdk muncul tanda merah di kolom atau bunyi notifikasi chat baru.
04 Juni 2020, 12:45
Terkadang tidak ada notif, tapi ketika ingin ambil pertanyaan tiba ada tulisan 2 pertanyaan belum dijawab dok
04 Juni 2020, 13:08
Setuju dr,ada problem untuk penilaian user subyektif kepada kami apabila 1-4 menit saja tidak dijawab ada yang memberikan review tidak baik,apakah ada solusi kedepannya dengan memberikan edukasi kepada user tentang lama rata2 dokter menjawab forum ini?
04 Juni 2020, 13:09
04 Juni 2020, 13:06
Betul dok.. kadang ini yg sy alami... saran saya mgkn ada notif di user juga kita sedang mengetik atau sedang menjawab pertanyaan dari user lain. Sehingga user bs mengerti bila membalas agai lbh lama
Bagus sekali ini kalau bs diakomodir👍🏻👍🏻👍🏻