ย Alo Dokter,Respon cepat jawaban akurat, begitulah tagline yang diusung fitur Chat Bersama Dokter. Di era teknologi saat ini, kecepatan menjadi hal yang...
Response time yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna fitur chat bersama dokter di aplikasi Alomedika - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Response time yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna fitur chat bersama dokter di aplikasi Alomedika

ย Alo Dokter,
Respon cepat jawaban akurat, begitulah tagline yang diusung fitur Chat Bersama Dokter. Di era teknologi saat ini, kecepatan menjadi hal yang sangat dicari di hampir semua aspek kehidupan termasuk dalam bidang informasi kesehatan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Chat Bersama Dokter membuat pedoman terkait waktu merespon pertanyaan dari user yakni diharapkan dokter dapat merespon pertanyaan user di bawah 5 menit untuk respon awal dan di bawah 10 menit untuk respon lanjutan. Mengapa penting? Karena dengan waktu merespon yang cepat dapat meningkatkan efisiensi waktu konsultasi untuk dokter dan meningkatkan kepuasan pengguna fitur Chat Bersama Dokter. Tak jarang bila dokter merespon di luar batas waktu yang ditentukan dapat menghambat jalannnya konsultasi bahkan pengguna menjadi tidak merespon pertanyaan atau pernyataan dari dokter.ย
Bila dokter mengalami kendala notifikasi, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum dan saat menjalani shift:
1. Me refresh aplikasi secara berkala saat dokter menjalani shift.
2. Menonaktifkan mode โbattery saverโ yang ada di handphone terutama saat dokter mengambil shift.
3. Menggunakan aplikasi cleaner untuk handphone.
4. Bila masih terkendala, bisa langsung menghubungi tim operasional yang bertugas.
Bagaimana menurut sejawat dokter sekalian?



Terima kasih atas tanggapannya dok. Kalau boleh tau yang dimaksud tidak muncul apakah notifikasi tanda merah yang terdapat di bagian kiri atas atau di pertanyaan yang baru masuk dok?

Saya sudah rutin melakukan langkah seperti yang disampaikan. Bahkan menutup aplikasi lain saat mengisi slot jadwal, melakukan refresh 15 menit sekali (paling lama 30 menit sekali), rutin menghapus memori hp sehingga tidak lemot, meng-unistall program yang tidak perlu, mempertahankan koneksi internet. Namun, sejauh ini tetap kadang-kadang menemui:
1. Notification sama sekali tidak muncul
2. Muncul notification, namun 10 menit kemudian dari kemunculan pertanyaan di aplikasi
3. Sudah 2x notif tidak muncul dan pertanyaan tidak muncul baru keluar diatas 30 menit di aplikasi hp saya.
4. Sedang menjawab bisa tiba-tiba tidak bisa masuk ke aplikasi atau ke chat yg dituju (terus ada lambang muter-muter)
Mudah2an kondisi seperti ini tidak terjadi di tempat lain dan semoga akan ada solusinya.๐


Namun sekedar mencari tahu, saya sering kali mengalami masalah notifikasi tidak muncul terutama di waktu subuh, nanti pas jam 7 baru berhamburan masuk notifikasinya. Kenapa bisa begitu ya Dokter? padahal sudah atur settingan notifikasi agar selalu muncul.





Yang sering adalah poin nomor 1 dan 2
Sehingga kadang sudah saya refresh tidak masuk tiba tiba saat saya refresh terus muncul mendadak 3 pertanyaan yg sudah lewat bbrp menit yang lalu.. pdhl untuk koneksi tidak ada masalah.
Terimakasih dok ๐


Terima kasih


Utk informasi lengkap sudah diberikan.
Itu bagaimana menanggapi nya ya?



Saya sudah rutin melakukan langkah seperti yang disampaikan. Bahkan menutup aplikasi lain saat mengisi slot jadwal, melakukan refresh 15 menit sekali (paling lama 30 menit sekali), rutin menghapus memori hp sehingga tidak lemot, meng-unistall program yang tidak perlu, mempertahankan koneksi internet. Namun, sejauh ini tetap kadang-kadang menemui:
1. Notification sama sekali tidak muncul
2. Muncul notification, namun 10 menit kemudian dari kemunculan pertanyaan di aplikasi
3. Sudah 2x notif tidak muncul dan pertanyaan tidak muncul baru keluar diatas 30 menit di aplikasi hp saya.
4. Sedang menjawab bisa tiba-tiba tidak bisa masuk ke aplikasi atau ke chat yg dituju (terus ada lambang muter-muter)
Mudah2an kondisi seperti ini tidak terjadi di tempat lain dan semoga akan ada solusinya.๐
Terima aksih sharingnya,
Saya juga mengalami apa yg dialami Dokter. Yg no.4 sering kejadian saat ada bbrp user bertanya bersamaan.
Masalah lainnya yg kerap menyebabkan respon lambat adalah loading gambar yg dikirim pasien kadang lambat sekali untuk bisa dibuka.
Padahal saya sdh pakai HP khusus hanya untuk Email dan Aplikasi Alodokter ini.
Smg masalah yang dialami ini segera bisa teratasi/diselesaikan.

Terima kasih atas tanggapannya dok. Kalau boleh tau yang dimaksud tidak muncul apakah notifikasi tanda merah yang terdapat di bagian kiri atas atau di pertanyaan yang baru masuk dok?


