Mengatasi pasien yang tidak selesai-selesai saat konsultasi online - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, teman sejawat semua. Saya ingin berdiskusi mengenai pasien yang konsultasinya sangat lama, tidak selesai2, bahkan setelah dokter sudah offline dokter...

Diskusi Dokter

01 Oktober 2021, 13:10
Alo Dok, saya juga lumayan sering mengalami kasus serupa. Dari pengalaman, saya akan memberikan informasi jika jam praktek sudah berakhir. Jika pasien tetap terus bertanya saya akan repetisi mengingatkan kembali jika jam praktek sudah berakhir, mohon maaf bisa ditanyakan lagi sesuai jam praktek yang tertera di profile. Biasanya mereka akan cukup memahami, walau ada beberapa dengan kondisi psikologis tertentu ya tidak bisa menerima kenyataan. 
01 Oktober 2021, 13:49
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
Halo Bu Elly.. iya Bu, sarannya sangat aplikatif sekali. Terimakasih 😊
29 September 2021, 20:05

Alo dr. Winda Nirmala Sari Sp.N, coba bantu menjawab ya dokter. Dalam menghadapi user yang seperti itu, mungkin bisa dikomunikasikan kembali dan ditegaskan kembali perihal yang masih belum jelas atau yang masih ingin ditanyakan agar lebih terfokus, jika nantinya masih diulang-ulang dengan pertanyaan yang sama dan sudah jam offline dokter, dokter bisa berikan kesimpulan akhir sekaligus pengertian pada user bahwa sesi konsultasi sudah berakhir jadi bisa anjurkan untuk konsultasi kembali saat di jam online dokter selanjutnya. 

Jika nantinya ada hal-hal yang perlu didiskusikan lebih lanjut, dokter juga dapat mengubungi nomor kontak tim Quality Control Alodokter ya dok. Terima kasih dokter, semoga membantu. 

30 September 2021, 12:53
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
Betul dokter Olvy, saya sudah melakukan seperti yang disarankan oleh dokter.. tapi pasien saya yg kemarin ini sudah dijelaskanpun ditanyakan lagi berulang2 😅
Akhirnya saya akhiri ketika ada waktu 30 menit tidak dibalas langsung saya tutup, sambil doa tidak dikasih rating jelek 😔
Saya juga sudah menghubungi tim alomedika terkait pasien yang demikian, namun jawaban hanya normatif saja..
29 September 2021, 20:24
Alo dokter, menurut pengalaman saya tidak apa apa dokter mengutarakan sedang ada emergency dll,pasien akan memahami,nanti setelah luang akan disambung lagi konsultasi nya,mohon maaf untuk ketidaknyamanan, terimakasih:)
30 September 2021, 12:55
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
dr. Winda Nirmala Sari, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
Iya betul dok, sudah saya sampaikan bahwa saya sudah offline dan sedang praktek di RS, namun memang ada oknum2 pasien yang tetap saja tidak mau tahu walaupun dokternya offline dan sedang praktek, saya tetap dicecar pertanyaan2 😰
05 Oktober 2021, 16:17
Minta tolong zr aja yang jawab dok, memang menjengkelkan ada pasien2 yang begitu. 
08 Oktober 2021, 23:06
Saya pernah mendapat kasus serupa juga dok, intinya saya laporkan dulu ke tim operasional.
Kalau pertanyaan berulang, apalagi shift sudah selesai boleh di akhiri saja.
Kalau nanti di review negatif bisa dilaporkan kembali ke tim operasional, katanya bisa dibantu take down reviewnya dok.
03 Oktober 2021, 13:01
Alo dok, izin bantu berikan masukan. Menurut saya, essensinya jika ada pasien sakit sepertinya perlu diperiksa secara langsung. Maka dari itu saya pribadi agak kurang setuju dengan role mode telemedicine. Dengan kita periksa secara langsung, dari mulai pasien mengetuk, buka pintu praktek kita, kita dapat menilai secara holistik dari berbagai sudut pandang sehingga dapat memberikan terapi yg baik dan benar kpd pasien. Sangat banyak yg dapat kita nilai, dan itu mempengaruhi terapi yg kita berikan baik secara medikamentosa maupun non medikamentosa. :)
03 Oktober 2021, 16:30
dr. Farida
dr. Farida
Dokter Umum
🙏🏻 Semangat sore Dr. Winda Nirmalasari, SpN ; Jika berkenan boleh menanggapi kasus Pasien² yg berulang ² konsultasi on Line.  Aku ingin berbagi pengalaman ; Tampaknya hal serupa  pernah Aku alami ketika menjadi SATGAS COVID 19 di awal bulan Juli s.d Agustus '21 kasus PANDEMI gelombang ke 2 . Ada beberapa Pasien yg TELEMEDISIN & TELEKONFRENS.  Pasien ² yg banyak keluhannya setelah dinyatakan AMAN tsb dialihkan off Line dgn melakukan pemeriksaan dgn Alat Quantum ANALISER untuk membantu mengetahui KELUHAN Penyakitnya dari ujung rambut hingga ujung kaki.  Pada akhirnya setelah mengetahui kondisi dgn alat QUANTUM'ku tsb  Pasien tsb dilanjutkan TERAPI & sampai dinyatakan SEMBUH pada akhirnya Pasien PUAS & tetap masih dimonitor hingga tidak ada keluhan lagi OK. T'RIMS ❤️
09 Oktober 2021, 22:35
dr.Antonius Sianturi, Sp.P
dr.Antonius Sianturi, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Betul dr Olvy sebagai pendatang baru sayapun mengalami hal yg sama yaitu chat berlanjut terus meskipun sdh lewat waktu konsultasi 45 menit. Saya saat itu tetap menjawab tanpa mengatakan sdh selesai waktunya, namun memberi sinyal melalui jawaban kita bahwa semua sdh dijelaskan dan harapannya pasti dipahami.
Demikian tanggapan saya