Alo Dokter, di tengah kemajuan teknologi saat ini, setiap orang dapat mengakses info yang tak terbatas, hal itu kadang membuat pasien skeptis terhadap...
Menghadapi pasien dengan pemikiran yang kritis - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Menghadapi pasien dengan pemikiran yang kritis

Alo Dokter, di tengah kemajuan teknologi saat ini, setiap orang dapat mengakses info yang tak terbatas, hal itu kadang membuat pasien skeptis terhadap penyampaian dokter, malah terkadang meremehkan masukan dokter atau membanding-bandingkan opini antara dokter yang satu dengan dokter lainnya, atau membanding-bandingkan artikel dengan opini dokter. Bagaimanakah sikap kita harusnya pada pasien seperti itu Dok?Β

Alo Dr. Nurul!
Pada kenyataan memang keadaan ini sering terjadi ya dok. Kita harus mencoba bersifat asertif and menjawab sesuai dengan keilmuan kita. Bila melebih keilmuan kita, mungkin bisa dirujuk ke dokter yang lebih spesialistik.
Alomedika pernah mengeluarkan artikel mengenai ini loh dok, berikut saya sertakan link-nya.
https://www.alomedika.com/menghadapi-pasien-serba-tahu


Bermanfaat artikelnyaππ»ππ»ππ»

Selain itu, hal ini juga mendorong dokter untuk terus belajar. Namun, informasi yang mereka dapat tidaklah selalu benar. Di sinilah peran kita untuk menjelaskan kepada mereka dengan baik mengenai informasi yang benar dan tidak



Selain tetap bersikap profesional, asertif, dan terbuka terhadap pasien (tentang batasan kompetensi misalnya). Ada baiknya tetap berdiskusi dengan pasien mengenai alasan utama dari sikap tersebut. Maupun harapan yang ia harapkan dengan sikap demikian. Kadang kala tujuan utama mereka adalah berharap mendapatkan kepastian, kejelasan dan penenangan dari informasi yg mereka dapat.π