Pasien yang selalu bertanya berulang pada telemedicine - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, saat saya mengisi shift telemedicine, saya mendapatkan pasien yang sepanjang 1,5 jam konsultasi, selalu bertanya dan menanyakan hal yang sama...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien yang selalu bertanya berulang pada telemedicine

    Dibalas 16 April 2024, 11:34

    Alo Dokter, saat saya mengisi shift telemedicine, saya mendapatkan pasien yang sepanjang 1,5 jam konsultasi, selalu bertanya dan menanyakan hal yang sama berulang2, walaupun sudah saya jelaskan.

    Apakah Dokter-dokter di sini pernah mengalami pengalaman serupa, dan bagaimana Dokter menangani pasien dengan karakteristik tersebut?

    Terima kasih banyak, Dok.

11 April 2024, 01:30
pasien yang demikian rujuk aja dok...ke rekan Psikiater atau psikolog atau Hipnotrapis,,sekarang banyak Psikiater ..Psikolog yg juga menambah ilmunya dalam bidang Hipnoterapis
16 April 2024, 04:30
Baik Dokter, terima kasih atas sarannya.
10 April 2024, 22:21
Kalau kasus saya kemarin sih, pasiennya saya kasih arahan untuk rujukan, lalu saya mengarahkan ke akhir sesi tanya jawab spt sudah jelas atau belum dan izin mengakhiri sesi chat kalau kita rasa sudah lengkap anamnesisnya ya Dok, lalu lsg saya laporkan ke team QC nya
10 April 2024, 22:27
Baik terima kasih saran dan masukannya Dok.
10 April 2024, 21:52

Alo dokter, kebetulan kemarin2 saya sempat dapat kasus serupa. Pertanyaan diulang2 dan agak kurang senonoh, dan pasien jg tidak menjawab apa yang saya tanyakan. Namun saya sudah konsul dengan team QC

Bisa direspon dgn anamnesis terlebih dahulu secara sistematis lalu bisa di report spam jika sudah terlalu mengganggu.

10 April 2024, 21:55
Alo Dokter Ardeliana, terima kasih atas jawabannya. Betul Dok, saya sudah anamnesis juga, dan akhirnya memang saya report spam juga. Namun apakah dari tim QC menyatakan boleh kita akhiri saja chatnya, atau harus menunggu sampai berapa lama?
16 April 2024, 07:09
drg.Israyani, Sp.PM
drg.Israyani, Sp.PM
Dokter Gigi Spesialis
Alo dokter, saya pun punya pengalaman serupa , namun akhirnya bisa diberikan penjelasan bahwa kita diberi aturan dalam sekali chat/konsultasi dari aplikasi ini maksimal 30 menit per pasien  apalagi jika sudah dirasakan sudah menjawab semua poin penting mulai dari anamnesis hingga rujukan (jika diperlukan), setelah laporkan Spam..bisa diakhiri dokter..namun memang resiko untuk kemungkinan diberi thumbs down.masih ada,lagi lagi kembali ke tim alodokter . Terimakasih
16 April 2024, 11:33
Terima kasih banyak Dok atas sarannya. Sepertinya sejauh ini dari tim alodokter juga belum ada mekanisme pengajuan untuk takedown thumbs down juga ya untuk melihat case by casenya.
16 April 2024, 10:13
Saya rasa tim QC juga perlu melihat keseluruhan proses yg berjalan sehingga tidak ada yg dirugikan, terutama bila ada indikasi pelecehan thd profesi dokter.
Dlm hal "berbisnis" di bidang medis  tentunya ga bisa disamaratakan dgn model "bisnis" yg lain.
Kita sbg Dokter juga jgn terlalu khawatir dpt 👎🏼, resiko pekerjaan hehehe.... Yg penting rekan2 sejawat sudah berusaha sebaik mungkin. Tetap semangat....
16 April 2024, 11:34
Terima kasih banyak Dok insightsnya. Saya setuju juga Dok, sebaik apapun kita, tetap bisa saja ada yg merasa tidak suka dan tetap memberi thumbs down. Baiknya memang ada mekanisme banding juga bila thumb down tersebut tidak sesuai casenya.